Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Richeese Factory Cabang Sudirman Yogyakarta

Authors

  • Desy Permatasari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Indonesia
  • Tri Harsini Wahyuningsih Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v1i1.127

Keywords:

kualitas produk, harga, lokasi, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Cabang Sudirman Yogyakarta. Sampel sejumlah 225 pelanggan merupakan konsumen outlet Cabang Sudirman yang telah melakukan pembelian minimal 3 kali di outlet tersebut. Dari keseluruhan responden tersebut, 65,8% berjenis kelamin perempuan, 57,3% berusia diantara 18-25 tahun, dan 63,6% merupakan pelajar/mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, yaitu konsumen yang telah melakukan pembelian minimal 3 kali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Setelah dilakukan uji instrumen, uji asumsi dasar, dan uji asumsi klasik maka diketahui bahwa semua variabel/item pernyataan diketahui dapat digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda dan uji t ditemukan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan harga dan lokasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bailia, J.F.T, Soegoto, A.S, & Loindong, S.S.R. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado.Jurnal EMBA. Vol 2. No 3. Hal. 1768-1780.

Kotler, P. & G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih bahasa oleh Bob Sabran, M.M. Jilid 1. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Alih bahasa oleh Bob Sabran, M.M. Edisi ke 12. Erlangga: Jakarta.

Kubroa, I, Putra, Y.Y, & Yusra, Z. 2017. Kontribusi Persepsi Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pengunjung Kafe di Payakumbuh. Jurnal RAP UNP Vol 8. No 2. Hal. 134-146.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Lasander, C. 2013. Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA. Vol 1. No 3. Hal. 284-293.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Mahendra, A. R. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Merek Dagadu. Skripsi. STIM YKPN Yogyakarta.

Ransulangi, M. S, Mandey, S, & Tumbuan, W.A. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Rumah Makan OCEAN 27 Manado. Jurnal EMBA. Vol 3. No 3. Hal. 839-848.

Runtunuwu, J. G, Oroh, S, & Taroreh, R. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabang Manado. Jurnal EMBA. Vol 2. No 3. Hal. 1803-1813.

Simbolon, I. S. H. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bakar Khusus Pada Mahasiswa di Kabupaten Sleman. Skripsi. STIM YKPN Yogyakarta.

Solikhin, M. H. B. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Fajar Batik Tulis Warna Alam di Ponorogo. Skripsi. STIM YKPN Yogyakarta.

Sugianto, J, & Sugiharto, S. 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality, dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol 1. No 2. Hal. 1-10.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Wariki, G. M, Mananeke, L, & Tawas, H. 2015. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA. Vol 3. No 2. Hal. 1073-1085.

Wijaya, C. V. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Agora. Vol 5. No 1.

Wiyono, G. 2011. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2020-03-13

How to Cite

Permatasari, D., & Wahyuningsih, T. H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Richeese Factory Cabang Sudirman Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 99–114. https://doi.org/10.35917/cb.v1i1.127

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.