Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sunscreen Azarine di Yogyakarta

Authors

  • Romlah Romlah STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Eka Sudarusman STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v5i2.521

Abstract

This study aimed to analyse the effect of celebrity endorsers, product quality, and price on purchasing decisions for Azarine sunscreen products in Yogyakarta. This research is quantitative research, the sample in this study were consumers who live in Yogyakarta and have purchased Azarine sunscreen with respondents aged 17 years and over. With purposive sampling technique, the sample in this study amounted to 120. The analysis method used in this research is multiple linear analysis. The results of this study indicate that (1) celebrity endorsers have a positive and significant effect on purchasing decisions, (2) product quality has an insignificant effect on purchasing decisions, (3) price has a positive and significant effect on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, D. A., Aisyah, S., & Ramadhani, S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Celebrity Endors Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Oikonomika: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(2), 133–143. Https://Doi.Org/10.53491/ Oikonomika.V3i2.481

Afriliantini, I. A. Salam, & Abdurrahman. (2019). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap. 2(1). Http://Jurnal.Uts.Ac.Id

Andrian, K. (2020). Mengenal Lebih Jauh SPF Dalam Tabir Surya Beserta Manfaatnya. ALODOKTER. Https://Www.Alodokter.Com/Mengenal-Lebih-Jauh-Spf-Dalam-Tabir- Surya-Beserta-Manfaatnya Angka SPF Mengacu Pada Lamanya,Dapat Diblokir Oleh Tabir Surya.

Anjani, D. (2022). Pengaruh Beauty Vlogger, Harga, Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sultan Muhmmad Syafiuddin Sambas. Sebi : Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 1–15. Https://Doi.Org/10.37567/Sebi.V4i2.1406

Aprilia, R., Savitri, L., & Ichwani, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Msglow Di Kota Bekasi. JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 3(1), 42–57. Https://Doi.Org/10.35814/ Jimp.V3i1.4127

Arista, K. C. & Fikriyah K. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga Dan Song Joong Ki Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(4), 453–466. Https:// Doi.Org/10.20473/Vol9iss20224pp453-466

Ayu S., C., Samsudin, A., Hidayat, R., S.E., C., N.A., O., F., F., & Agusnia W., T. (2023).

Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(5), 1171–1180. Https://Doi.Org/10.47467/ Elmal.V4i5.2688

Azarine. (2023). Pertengahan Tahun 2023, Azarine Meraih Penghargaan Brand Choice Award 2023. Https://Azarinecosmetic.Com/A/Pertengahan-Tahun-2023-Azarine-Meraih- Penghargaan-Brand-Choice-Award-2023

Bonita, N. (2022). ZAP Beauty Index 2023 Berikan Perspektif Baru Mengenai Tren Kecantikan Lokal. Venuemagz.Com. Https://Venuemagz.Com/News/Zap-Beauty-Index-2023- Berikan-Perspektif-Baru-Mengenai-Tren-Kecantikan-Lokal/

Dewi, B. S. A., Suardana, I. M., & Satriawan. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Mataram). Kompeten, 1(1), 45–53.

Dian, M. (2022). Berawal Dari Produk Salon Dan Spa, Ini Cerita Cella Vanessa Tentang Perjalanan Azarine Cosmetics. Beauty Journal. Https://Www.Beautyjournal.Id/Article/ Interview-Cella-Vanessa-Azarine?Page=1

Fitaloka, R. E. Dan D. A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorses, Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 1(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.51804/Iej.V1i1.345

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Mulivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair JR, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis ((Seventh E). Pearson Pretice Hall.

Kotler. P & Gary Armstrong. (2016). Prinsip Pemasaran (13th Ed.). Erlangga.

Kotler. P & Gary Armstrong. (2018). Principle Of Marketing (17th Ed.). Pearson Education Limited.

Magfiroh, I. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Skincare (Produk Serum) Di PT. AVO Innovation Technology (Avoskin). Ikraith-Ekonomika, 5(3), 215–224.

Makarim, F. R. (2023). Perawatan Wajah. Halodoc. Https://Www.Halodoc.Com/Kesehatan/ Perawatan-Wajah

Mardiayanti, M., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Serta Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1091–1109. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V10i3.560

Nabilah, A. N., & Anggrainie, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Brand Awareness, Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening. Yume: Journal Of Management, 5(3), 728–736. Https:// Doi.Org/10.2568/Yum.V5i3.3597

Ngesti, A. N. (2021). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over Di Kota Yogyakarta. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(1), 77. Https://Doi.Org/10.31315/Be.V18i1.5626

Nurlitasanti, F. & Yoestini. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi, dan

Celebrity endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Masker Wajah Mustika Ratu di Kota Semarang). Diponogoro Journal of Manajement, 9(2), 1-10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.

Prasasti, C. A., & Ekawaty, M. (2022). Pengaruh Label Halal, Pendapatan, Harga Produk, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Hand Body Lotion (Studi Pada Mahasiswi Muslim Di Kota Malang) The Effect Of Halal Label, Income, Product Prices, And Religiosity On The Purchase . Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam., 8(1), 140–155.

Raharjo, O. H. (2023). Perkembangan Produk Skincare. Rri.Co.Id. Https://Rri.Co.Id/Bisnis/363812/ Indonesia-Memiliki-Potensi-Industri-Kosmetik-Dan-Kesehatan-Yang-Besar

Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). Peran Celebrity Endorse, Citra Merek, Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Beli (Studi Kasus Pada Produk Scarlett). Jurnal Manajerial, 21(1), 95–110. Https://Doi.Org/10.17509/ Manajerial.V21i1.47201

Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V4i5.931

Sariyanti, Z. A., Studi, P., Bisnis, M., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Islam, U., Raden, N., & Said, M. A. S. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Sunscreen Azarine. Http://Eprints.Iain-Surakarta.Ac.Id/6208/1/Skripsi_Zahrotun Arum S_195211225_Mbs.Pdf

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2019). Perilaku Konsumen (12th Ed.). Indeks.

Shimp T. A & Andrews, J. C. (2013). Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Persamaan (Erlangga (Ed.); 19th Ed.).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Alfabeta.

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579–599. Https://Doi.Org/10.32477/Jrabi. V2i2.487

Supriyadi. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3 No 1.

Utami, D. I. & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualiatas Produk, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. Jurnal Ilmiah Multidisiplin,1(04), 102–111. Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V1i04.159

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya, 5(2), 1148–1160. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya. V5i2.689

Wiyono, G. (2020). Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 25 & SmartPLS 3.2.8 (2nd ed.). UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2024-11-18

How to Cite

Romlah, R., & Sudarusman, E. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sunscreen Azarine di Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.35917/cb.v5i2.521

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)