Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone pada Mahasiswa STIM YKPN Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.35917/cb.v1i1.130Keywords:
kualitas produk, harga, citra merek, keputusan pembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga, baik secara individu maupun secara simulatan, terhadap keputusan pembelian smarthphone iPhone pada mahasiswa STIM YKPN Yogyakarta. Ketiga variabel tersebut merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan konsumen dalam memilih produk smartphone dan terdapat penelitian terdahulu yang menunjukkan tingkat signifikansi ketiga variabel penelitian terhadap keputusan pembelian yang tidak konsisten. Sampel pada penelitian ini dilakukan terhadap 95 mahasiswa STIM YKPN Yogyakarta dengan metode purposive sampling. Metode analisis data dilakukan menggunakan uji t, regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan citra merek berpengaruh, baik secara parsial maupun secara simultan, terhadap keputusan pembelian. 39,8% variabel keputusan pembelian dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut dan sisanya 60,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Amalia,Suri & M. Oloan Asmara Nasution (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 06. No.01.ISSN:2252-8445.
Deisy, Molanda, Joyce Lapian dan Yunita Mandagie. (2018) .Analisis Citra Merek , Harga Produk dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA. Vol 6. No.4. ISSN:2288-2297
Dianah, Nur & Henny Welsa. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi serta Dampaknya pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen. Vol 7. No.1. 16-26.
Erlina, Indayanti Dyan. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. Simki-Economic Vol 01. No.06.ISSN: 1727-1737.
Hendro, Chardika Respatya & Wahyu Hidayat. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Merek iPhone Kota Semarang. DIPONEGORO Journal Of Social And Politic. Vol 4.No.6.
International Data Corporation (IDC). Data pangsa pasar smartphoe Indonesia pada Kuartal ke-IV tahun 2017.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management (Edisi 14). New Jersey: Prentice-Hall.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management (Edisi 16). USA: Pearson Education.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2012). Principles of Marketing (Edisi 14). USA: Pearson Education.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2014). Principles of Marketing (Edisi 12, Jilid 1, Terjemahan Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, Mudrajat. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (Edisi 04). Jakarta: Erlangga.
Maryama,Siti & Yayat Sujatna. (2016). Harga, Brand Image, Atribut Produk serta Pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Berbasis Android (Studi Kasus: Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Jurnal Liquidity. Vol 5. No.2. ISSN:145-154.
Saraswati, Agung Ratih & Ketut Rahyuda. (2017). Brand Image Memediasi Kualitas Produk dan Harga dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol 06. No.06. ISSN:2302-8912.
Schiffman & Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development R&D) (Cetakan pertama). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategi (Edisi 4). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2016). Service, Quality & Satisfaction.Yogyakarta: Andi Offset.
Wiyono, Gendro. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0 (Edisi Pertama). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
https://www.tokojilbab.xyz/2018/02/20-toko-jilbab-di-jogja-beserta.html, diakses 7 Oktober 2018.
https://elitakerudung.com, diakses 8 November 2018.