Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett pada Masyarakat di Yogyakarta

Authors

  • Laura Sri Rejeki STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Sri Ekanti Sabardini STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v4i2.455

Keywords:

Purchase Decision, Brand Ambassador, Brand Image, Price

Abstract

This research aims to determine the influence of Brand Ambassador, Brand Image and Price on purchasing decisions for Scarlett Whitening brand skincare products. This research is a quantitative research conducted on Scarlett skincare consumers in Yogyakarta who are consumers of Scarlett products, a total of 75 people. Data were analyzed using multiple linear regression tests. Based on the results of data analysis, the results obtained were that Brand Ambassador had a significant positive effect on purchasing decisions with a significance value of 0.016 and a regression coefficient of 0.369. Brand image has a significant positive effect on purchasing decisions with a significance value of 0.021 and a regression coefficient value of 0.328. Price has a significant positive effect on purchasing decisions with a significance value of 0.01 and a regression coefficient value of 0.417. The coefficient of determination value shows that Brand Ambassador, Brand Image and Price have an influence of 72.6% on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Rachmawati (2020), Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam.

Andini, Lestari (2021), Pengaruh Brand Ambassador dan brand image terhadap minat Beli pengguna aplikasi tokopedia. e-Proceeding of Management.2021; 8(2);2074-2082.

Andjo, Achnaf (2020), Pengaruh after sale service dan harga sparepart dalam Membangun word of mouth pada pelanggan Pt. Kreta indo artha. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang. 2023;1-20.

Astuti, et al.(2021), Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan konsumen menggunakan Jasa Pengiriman pt pos indonesia (Soreang). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 342-351.

Dewi, et al. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetik emina (studi kasus pada mahasiswi di kota mataram). Kompeten Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, hal 45-53

Elitasari, Shafariah (2022), Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Korea Nature Republic (Studi Kasus Pada Konsumen Penggemar NCT 127 di Bekasi). Jurnal administrasi bisnis.

Ernawati, et all, (2021), Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ).

Fatila et al (2022), Pengaruh Brand Ambassador, social media marketing dan online customer review terhadap minat beli produk scarlett whitening(studi pada mahasiswi di kota malang). Jurnal university of islam malang repository.

Febrianti (2021), Pengaruh penggunaan Brand Ambassador nagita slavina dan brand image terhadap keputusan pembelian skincare ms glow. jurnal ekonomika.

Firmansyah Anang, (2019), Pemasaran Produk dan Merek : Planning dan Strategy, Surabaya, Qiara Media

Fitriana, et al (2019), Pengaruh gaya hidup, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik oriflame (Studi Kasus pada Konsumen Oriflame di Kabupaten Sumbawa ). jurnal manajemen dan bisnis.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25, (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Gurning (2022), Analisis pemasaran media sosial terhadap citra merek pada body lotion scarrlett di kota medan. repository universitas HKP.

Hanifah, Nurul (2022), Pengaruh gaya hidup, loyalitas army, dan kredibilitas bts sebagai Brand Ambassador tokopedia terhadap perilaku konsumtif. repository sekolah tinggi ilmu ekonomi indonesia Jakarta.

Joseph F. Hair, William C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson, 2013, Mutivariate Analysis, Pearson Education Limited,

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Kurniah, Awaluddin (2022), Pengaruh pengalaman dan nilai pelanggan terhada loyalitas melalui kepuasaan sebagai variabel intervening pada pelanggan scarlett whitening di kota makassar. Jurnal as-said. 2022; 3(2);21-31.

Lia A, Hakiem (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam

Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communication E-book. Wiley

Maftuchach, Putri (2022), Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Tabur Pixy. literature for social impact and cultural studies. 2022. 4(1); 311-322.

Marchela, et al (2022), Pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi Terhadap keputusan pembelian ulang Produk kosmetik make over. Jurnal emas. 2022. 3(8), 226-235.

Mauludhin, Suprihadi (2018), Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk trisia cosmetics di surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Nurianto Ahmad (2021), Pengaruh gaya hidup, kepercayaan merek dan label produk terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswi fakultas ekonomi universitas mercu buana yogyakarta. eprints.mercubuana-yogya.ac.id

Onalisa (2022), Pengaruh Brand Ambassador, brand image, harga, Scarlett whitening terhadap Keputusan pembelian (studi kasus pada remaja pengguna scarlett whitening di kota sumenep). university of islam malang repository.

Pertiwi (2019), Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Konsumen Produk Scarlett Whitening di Kota Jember). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) 31-43.

Rohimah, Apriliani (2019), Pengaruh citra merk, kualitas produk, promosi, dan Word of mouth terhadap keputusan pembelian Studi pada qween cosmetic wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering.

Rohmatillah, Sudaryana (2019), Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Kosmetik X di Yogyakarta. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi.

Selvia (2022), Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetik scarlett whitening pada mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis. 2022. Jurnal EMBA.

Utami, Hidayah (2022), Pengaruh citra merek, kualiatas produk, dan Brand Ambassador terhadap keputusan pembelian produk scarlett. Jurnal JUKIM

Wardani Santosa (2020), Pengaruh hallyu, ambassador merek, dan citra merek terhadap keputusan pembelian atas produk republik natur di yogyakarta. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi.

Widarjono Agus,2010, Analisis statistika multivariat terapan, UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Wiyono Gendro,2020, Merancang penelitian bisnis dengan alat analisis SPSS 25 dan Smart PLS 3.2.8, Penerbit UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Rejeki, L. S., & Sabardini, S. E. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett pada Masyarakat di Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(2), 65. https://doi.org/10.35917/cb.v4i2.455

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.