Pengaruh Labelisasi Halal, Brand Image, dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Mi Samyang pada Generasi Z

Authors

  • Murdayana Murdayana STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Rokhman STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v6i1.569

Keywords:

Halal Labeling, Brand Image, Religiosity, Purchasing Decision

Abstract

This research aims to determine the influence of halal labeling, brand image and religiosity on the decision to purchase Samyang noodles in generation Z. The type of research used in this research is quantitative which is tested with multiple linear regression analysis using the SPSS for windows software program. The population in this research is all consumers who were born in the period 1997 to 2008, are Muslim, and have purchased Samyang noodles. The sampling technique uses non-probability sampling with a purposive sampling method. The total sample was 197 respondents. The data collection method uses a questionnaire announced via Google Form. The results of this research show that halal labeling and brand image have no influence on purchasing decisions, while the religiosity variable has an influence on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Administrator. (2017). Sempat Ribut Label Halal, Mi Samyang Dapatkan Sertifikat Resmi MUI - Jawa Pos. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/humaniora/01115461/sempat- ribut-label-halal-mi-samyang-dapatkan-sertifikat-resmi-mui

Agusta, P., & Magdalena, M. (2023). Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Mi Samyang Masyarakat Bidar Alam Solok Selatan. 1(2), 105–129.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. 2(2).

Asiyah, S., & Hariri. (2021). Consumer Behavior Based on Religiosity. 5(2), 154–163.

Astuti, N. L. G. S. D., Widhyadanta, I. G. D. S. A., & Sari, R. J. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness LAZADA terhadap Keputusan Pembelian Online. 10(10), 897– 910. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/

Azizah, P., & Rozza, S. (2022). Pengaruh Islamic Brand dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Fashion Muslim di Indonesia.

Azzahra, R. D., Madhani, D. A., Fitriyani, H., Nurani, N., Setiawan, Y. A., & Barokah, S. (2023). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen pada Produk Scarlett di Universitas Muhammadiyah Gombong.

(1). https://doi.org/10.26753/hombis.v2i1.067

Bakar, R. M., & Usmar, A. P. M. (2022). Growth Mindset dalam Meningkatkan Mental Health bagi Generasi Zoomer. 2(2).

Brawijaya, B. (2020). Apa yang Anda Ketahui tentang LPH? - Badan Usaha Kepakaran (BUKR) - Universitas Brawijaya. https://bukr.ub.ac.id/apa-yang-anda-ketahui-tentang- lph/

Cindrakasih, R. R. (2021). Dinamika Globalisasi Budaya Korea Di Indonesia Dan Pola Konsumsi Remaja “Korean Wave†Di Media Sosial Instagram. 2(1), 17–28.

Dina, M. P., Trihantana, R., & Suryani, E. (2023). Analisis Promosi, Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Masyarakat Desa Barengkok, Desa Leuwimekar Dan Desa Karehkel, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor). 3(1). https://jurnal.febi- inais.ac.id/ index.php/SahidBusinessJ

Esa, I., & Mas’ud, F. (2021). Pengaruh Faktor Kesadaran Halal, Harga, Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Orichick Di Kota Semarang. 10(2), 147– 160.

Fadilah, T. N., Purwanto, & Alfianto, A. N. (2020). Tingkat Pengetahuan dan Produk Halal dalam Keputusan Pembelian Makanan Halal. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 18(1). http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy).

Fitria, S., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1). https://doi. org/10.21043/bisnis.v8i1.6732

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Glock, C., & Stark, R. (1966). Religion and Society In Tension. Chicago: University of California. https://etheses.uinsgd.ac.id/35674/5/5_bab2.pdf

Gunawan, H. (2021). Nilai Etika Dalam Tatanan Globalisasi dan Digitalisasi Budaya. 1(7). Hamidah, F. R. (2022). EFEKTIVITAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN PRODUK HALAL (BPJPH) DALAM MENERBITKAN SERTIFIKAT HALAL.

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha di Makassar. 2(1). http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/asy-syarikah

Husna, A., & Aryani, L. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Persepsi Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Korean Food (Studi Kasus Konsumen Gildak Di Jakarta Timur). https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/jye

IHATEC. (2021). Penjelasan Lengkap Apa Itu Label Halal | IHATEC. https://ihatec.com/label-halal/

Ilham, M., Saifullah, & Kartika, N. R. (2023). Perlindungan Konsumen Terhadap Upaya Labelisasi Halal Di Indonesia. Indonesia Journal of Business Law, 2(2), 58–66. https:// doi.org/10.47709/ijbl.v2i2.2326

Inayah, F. R., Parakkasi, I., & Sofyan, A. S. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal, Personal Selling dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Follower Instagram Scarlett Whitening). Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 4(2), 163. https://doi.org/10.31000/almaal.v4i2.6610

Irfansyah, F., & Suryaningsih, S. A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Islami dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mi Samyang Pada Mahasiswa S1 Ekonomi Islam Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2018–2020. 5(1).

Katadata Insight Center (KIC). (2023). Top Brand Survey: Mi Ins... | Databoks. https:// databoks.katadata.co.id/publikasi/2023/01/16/top-brand-survey-mi-instan-dan- frozen-food

Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). In 101 Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 3).

KopiChuseyo. (2022). Mengenal Mi Samyang, Ramen Korea Favorit Indonesia! https:// kopichuseyo.com/mengenal-mi-samyang-ramen-korea-favorit-indonesia/

Kotler, & Armstrong. (2012). Principles of Marketing.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2009). Marketing Management. www.pearsoned.co.uk.

Kristina. (2024). Populasi Muslim Dunia Capai 2 Miliar Orang, Ini 25 Negara Terbesar. detikcom.

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7173581/populasi-muslim-dunia-capai-2-miliar-orang-ini-25-negara-terbesar#:~:text=Menurut%20data%20Global%20 Muslim%20Population,kedua%20di%20dunia%20setelah%20Kristen.

Lestari, P. I., & Supriyanto, A. (2022). Keputusan Pembelian Mi Samyang Pada Generasi Z Ditinjau dari Labelisasi Halal, Halal Awareness, Harga, dan Promosi.

Lupitasari, E. S., Nurlaela, L., Suhartiningsih, & Miranti, M. G. (2020). Pengaruh Korean Wave Dan Makanan Korea Erhadap Minat Makan Hidangan Korea Pada Masyarakat Kota Madiun.

Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. 4(2), 174– 186.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Masgumelar, N. K., Lestarianingsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M., Fachroxi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga.

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. 13(1). Nugroho, W. A., & Anwar, M. K. (2020). Hubungan Religiusitas Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Non Makanan Dan Minuman. 3(2), 13–25.

Nurfaruzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. 4(1), 183–188.

Nurnaningtias, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Mi Instan Pada Generasi Zdi Kabupaten Tulungagung (Vol. 5, Issue 1).

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). 3(2).

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2019). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor. 14(1), 16–23.

Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Pengguna Software SPSS dalam pengolahan Regressi Linear Berganda untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungan di Masa Pandemi Covid 19. 5(2).

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Ekonomi Kita, 11(1), 32–46.

Putra, A. S. (2020). Teknologi Informasi (IT) Sebagai Alat Budaya Islam di Bumi Nusantara Indonesia.

Putri, K. A., Amirudin, & Purnomo, M. H. (2019). Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z. 14(1).

Putri, P. M. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. 5(1).

Rektiansyah, R. R., & Auwalin, I. (2022). Analisis Dampak Kesadaran Halal dan Label Halal terhadap Niat Beli Mi Instan Korea Pada Remaja di Sumenep Melalui Sikap. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(5), 600–616. https://doi.org/10.20473/ vol9iss20225pp600-616

Research Department Statista. (2023). Indonesia: population by religion 2023 | Statista. Statista. https://www.statista.com/statistics/1113891/indonesia-share-of-population-by- religion/

Rizal. (2017). Sempat Heboh, Mi Samyang Kini Dinyatakan Halal. IDN Times. https://www. idntimes.com/news/indonesia/rizal/mi-samyang-kini-dinyatakan-halal-1

Rizkyani, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Makanan Instan Korea Pada Pengguna Aplikasi Weverse Indonesia.

Rosyada, M. (2022). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. 13(2).

Rustandi, N., & Marlina, H. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Berlabel Halal pada Mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(2), 149–164.

Sa’diyah, H., & Rafikasari, E. F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Binsin, 5(1).

Sakitri, G. (2021). “Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!â€

Salsabillah, F. F., & Wardani, N. I. K. (2023). Pengaruh Brand Image dan Promosi Online terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Starbucks Coffee Surabaya MERR). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 442–449. https://doi.org/10.33087/ jmas.v8i1.775

Sari, A. J., Udayana, I., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen:Studi KasusVariabel Green Marketingdan Brand AmbassadorUMKM Ngudi Rejeki Kelorida. 4(2), 308–327.

Sari, D. R., Rohimat, A. M., & Ahmad, Z. A. (2021). Apakah Ekuitas Merek dan Kesadaran Halal Memediasi Pengaruh Religiusitas dan Akulturasi terhadap Keputusan Pembelian. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 11(1), 51.

https://doi.org/10.21927/jesi.2021.11(1).51-66

Sari, E. B., Hulaify, A., Zakiyah, & Komarudin, P. (2023). Pengaruh Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Korean Food Menurut Teori Perilaku Konsumen Islam.

Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas (Studi Di Toko Original Sportcenter Cabang Medoho Semarang).

Shelviani, A. (2023). Pengaruh Price Discount, Shopping Life Style, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Online Impulse Buying Produk Skincare Skintific Di Tiktok Shop Pada Mahasiswa Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Susanti, E., Sari, N., & Amri, K. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan (Studi Kasus Pada Mahasisawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Prodi Ekonomi Syariah, 2(1), 44–50.

Susanti, E., Sari, N., & Amri, K. (2020). Pengaruh Labelisasi halal terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan (Studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam). Prodi Ekonomi Syariah, 2(1), 44–50.

Ummah, A. C., Bahrudin, Moh., & Hilal, S. (2023). Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Pada Minat Beli Produk Makanan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1113– 1119. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3215

Utami, F. A. (2020). Profil Perusahaan Samyang, Mi Instan Asal Korsel yang Pedasnya Disukai Rakyat Indonesia. Warta Ekonomi. https://wartaekonomi.co.id/read289726/ profil-perusahaan-samyang-mi-instan-asal- korsel-yang-pedasnya-disukai-rakyat-indonesia

Wibowo, D. E., & Mandusari, B. D. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota Pekalongan.

Wibowo, S., & El Juhara, A. (2020). The Determinants of Halal Labeling and Brand Image Towards Purchase Intention and Purchasing Decision.

Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1058– 1068.

Zamhuri, M., Valianti, R. M., & Damayanti, R. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger. Jurnal Manivestasi, 3(2), 228–240.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. 5(1), 69–87.

Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, & Hasanudin, C. (2022). Dampak Era Digital terhadap Minat Baca Remaja.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Murdayana, M., & Rokhman, N. (2025). Pengaruh Labelisasi Halal, Brand Image, dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Mi Samyang pada Generasi Z. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(1), 14–33. https://doi.org/10.35917/cb.v6i1.569

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.