Pengaruh Halal Awareness, Brand Image, dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Gacoan Yogyakarta

Authors

  • Arnetta Aulia Puspitasari STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Rokhman STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v5i1.486

Keywords:

Halal Awareness, Brand Image, Religiosity, Purchasing Decisions

Abstract

This research aims to analyze the influence of halal awareness, brand image, and religiosity on consumer purchasing decisions of Mie Gacoan Yogyakarta. This research was conducted in January 2023 on consumers Mie Gacoan Yogyakarta. The data collection is by using Google Forms. The population in this research were.all customers who had visited and purchased Mie Gacoan Yogyakarta products. The sampling technique uses the Non-Probability Sampling model with a purposive sampling method, that is determining the sample with the consideration that consumers has made at least 1 (one) purchase of Mie Gacoan Yogyakarta products. The results of this research indicate that halal awareness have a positive. and not significant effect on purchasing decisions, brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions, and religiosity has a positive and significant effect on purchasing decisions

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi, Yudi. 2020. “Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC di Kota Bengkulu.†Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 15(1): 95-107.

Adawiyah, Alfi Yagsya. 2020. Pengaruh Citra Merek Dan Iklan Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mc Donald’s a.p. Pettarani Makassar).

Akhyar, Kemal Faza, and Diesyana Ajeng Pramesti. 2019. “Pengaruh Religiusitas Dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Japanese Food Restaurant Di Magelang).†Jurnal analisis bisnis ekonomi 13(2): 617.

Anbela, Niko Sakti. 2022. “Pengaruh Labelisasi Halal, Religiusitas, Selera, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Cepat Saji Richeese Factory (Studi Pada Konsumen Muslim Cengkareng, Jakarta).†Ekonomi dan Bisnis.

Esa, Iqbal, Fuad Masud, and Edy Yusuf Agung Gunanto. 2021. “Pengaruh Faktor Kesadaran Halal, Harga, Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Orichick Di Kota Semarang.†Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 5(02): 283.

Fitriyani, Indiyah. 2023. “Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Ice Cream and Tea Di Kota Surakarta.†Manajemen Ekonomi.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. 2010. Multivariete Data Analysis. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Hasanah, Fadhilatul. 2019. “Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah.†BALANCE Jurnal Akuntansi dan Bisnis 4(1): 485.

Hoetoro, Arif. 2018. Ekonomi Mikro Islam Pendekatan Integratif. Malang: UB Press.

Izzuddin, Ahmad. 2018. “Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner.†Jurnal Penelitian Ipteks 3(2): 100–114.

Jahja, Nabil. 2023. Pembeli melonjak dan omzet Mie Gacoan meningkat. Diakses 22 Mei 2023, darihttps://kumparan.com/kumparanbisnis/pembeli-melonjak-omzet-mie-gacoan-bisa-melebihi-rp-100-juta-hari-20R1OFWK0jI/full

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Perason Pretice Hall, inc.

Kristanto, Harris. 2016.Sejarah dan Struktur Organisasi Mie Gacoan. Diakses 5 Mei 2023, dari https://www.miegacoan.com/.

M. Anang, Firmansyah. 2019. “Buku Pemasaran Produk Dan Merek.†Buku Pemasaran Produk dan Merek (August): 336.

Nassir, Jamal Abdul, Shaari Nur Shahira, and Mohammad Arifin. 2010. Dimension of Halal Purchase Intention: A Preliminary Study. In American Business Research Conference: Vol. 6(4) (Pp. 444–456). International Review of Business Research Papers.

Novianti, Nadira. 2021. “Pengaruh Halal Awareness, Pendapatan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal Mui (Studi Pada Milenial Muslim Di Kota Malang).†Jurnal Ilmiah Malang 9(1): 28.

Rofiq, Zakariya Ahmad. 2018. 6 UIN Maulana Malik Ibrahim “Analisis Pengaruh Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Dalam Konsep Islam Falah Dengan Pola Konsumsi Rumah Tangga Sebagai Variabel Mediasi.â€

Salsabila í, Aisyah, Ali Maskur, and Universitas Stikubank Semarang. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan Di Kota Semarang).†SEIKO : Journal of Management & Business 5(1): 156–67.

Sinambela, Lijan P. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Widya, Meisy, Al Jannah, Putri Adriani Faradita, and Andhy Tri Adriyanto. 2023. “Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Majapahit.†Ekonomi dan Bisnis 21(2): 518–29.

Wulandari, Sri. 2021. “Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo).†JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 4(1): 31–36.

Yanuarti, Eka. 2018. “Pengaruh Sikap Religiusitas Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Masyarakat Kelurahan Dusun Curup Kabupaten Rejang Lebong.†FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3(1): 21.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Puspitasari, A. A., & Rokhman, N. (2024). Pengaruh Halal Awareness, Brand Image, dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Gacoan Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 83–97. https://doi.org/10.35917/cb.v5i1.486

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.