Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik MSI

Authors

  • Erikha Pingki STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Sri Rejeki Ekasasi STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v4i1.415

Keywords:

Social Media Marketing, Electronic Word- of-Mouth, Brand Trust, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, electronic word of mouth dan brand trust terhadap keputusan pembelian produk Mahkota Sukses Indonesia (MSI) di Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Yogyakarta yang menggunakan dan melakukan pembelian produk MSI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert dan dibagikan melalui Google form. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu software SPSS versi 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial variabel social media marketing, electronic word of mouth dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk MSI di Yogyakarta. Kontribusi atau kebaruan dalam penelitian ini terletak pada obyek produk yang diteliti yaitu kosmetik merek yang berbeda dengan penelitian sebelumnya dan dilakukan di wilayah yang berbeda pula.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisty, N. (2022). Tumbuh Pesat, Pemakaian Produk Kecantikan di Indonesia Kian Meningkat.

Goodstat.id.https://goodstats.id/article/menilik-meningkatnya-konsumsi-produk-kecantikan-di-indonesia-LcQed , diakses 15 Oktober 2022.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (2022). Profil Internet Indonesia 2022. https:// apjii.or.id/, diakses 13 Oktober 2022.

Arif, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122. https://doi.org/10.53695/sintesa. v1i1.298.

Buchari, A. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Chaudhuri, A. and Holbrook, M.B. (2021). The Chain Of Effects From Brand Trust And Brand Affect To Brand Performance: The Role Of Brand Loyalty. Journal Of Marketing, 65(2), 81-93.

Darmayanti, N. P. D., Kawiana, I. G. P., & Suartina, I. W. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, Dan Pariwisata, 2(1), 258–270. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v2i1.1787.

Febrinastri, F. (2022). Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM.

Suara.com. https://www.suara.com/pressrelease/2022/09/13/105011/hingga-juli- 2022-industri-kosmetik-meningkat-83-dan-didominasi-ukm , diakses 15 Oktober 2022.

Febriyanti, F. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya). Jurnal JIMEK, 2(2), 181–191.

Gecti, F., & Zengin, H. (2013). The Relationship between Brand Trust, Brand Affect, Attitudinal Loyalty and Behavioral Loyalty: A Field Study towards Sports Shoe Consumers in Turkey. International Journal of Marketing Studies, 5(2). https://doi.org/10.5539/ijms. v5n2p111.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, D., & Pertiwi, A. D. (2022). Pengaruh Label Halal, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image dan Brand Trust. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 815–824. https://doi.org/10.29040/jiei. v8i1.4508.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing : Step-By-Step Techniques To Spread the Word About Your Business Fast and Free. McGraw Hill.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective (7th ed.). Pearson Education.

Haryadi, A. R., Gunaningrat, R., & Suyatno, A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Citra Merek dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kecantikan Somethinc. Jurnal Bismak, 2(2), 8–17.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context. In SpringerBriefs in Business. Springer.

Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brands. Journal of Business Research, 65(10), 1480– 1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principle Of Marketing (15th ed.). Pearson Education. Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc.

Lin, C., Wu, Y.-S., & Chen, J.-C. V. (2013). Electronic Word-of-Mouth: The Moderating Roles of Product Involvement and Brand Image. Proceedings of 2013 International Conference on Technology Innovation and Industrial Management, 29(31), 29–47.

Nanda, R. J. P., & Nilowardono, S. (2022). The Effect of Beauty Influencer, Social Media Marketing, and Brand Image on Purchase Decisions for Korea Skincare Products. Jurnal Ekonomi, 22(1), 23–32. https://doi.org/10.29138/je.v22i01.160.

Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8(2), 741–773. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08. i02.p19.

Noviyana, S., Kencanawati, M. S., Anggraini, R., & Gayatri, L. A. I. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Electronic Word of Mouth, dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 906–912. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.794.

Nurmalasari, L. (2021). Pengaruh Social Media Marketing dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Umkm Bidang Kuliner). E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288–300. https://doi.org/10.31846/jae.v9i3.405.

Oktaviani, B. R., & Estaswara, H. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) di Media Sosial Twitter @avoskinbeuaty Terhadap Keputusan Pembelian Avoskin. Jurnal Publish, 1(1), 10–24. https://doi.org/10.35814/publish.v1i1.3492.

Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Widya Gama Press.

Populix (2022). Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle. https://info.populix.co/, diakses 7 November 2022.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In Cv. Wade Group. CV. Wade Group.

Ramadhani, H., Supeni, R. E., & Setianingsih, W. E. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Emina Di Masa Pandemi COVID-19. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 402–409. https:// doi.org/10.32528/nms.v1i3.94

Siswanty, Y. E., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar (Studi Pada Konsumen Wanita Sariayu Martha Tilaar Yang Berada Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 380–388. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28149

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumangla, R., & Panwar, A. (2014). Capturing, Analyzing, and Managing Word-of-Mouth in the Digital Marketplace. IGI Global.

Wicaksana, S. A., Lunadevy, S. A., Mita, T. L., Soedira, V. G., Kartika, M. H., & Putri, D. N. W. (2022). Perilaku Konsumen: Kunci Memenangkan Bisnis (1st ed.). DD Publishing.

Wilujeng, S. R., & Edwar, M. (2014). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), 1–15.

Yulianty, P. D., & Mauludy, A. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Varian Bedak (Studi Penelitian Pelanggan Wardah Beauty Konter Majalengka). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 14(2), 252–261. https://doi.org/10.32534/jv.v14i2.782

Zahra, K. F., Listyorini, S., & Pinem, R. J. (2021). Pengaruh` Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 965–973. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.30604

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Pingki, E., & Ekasasi, S. R. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik MSI. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 115. https://doi.org/10.35917/cb.v4i1.415

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.