Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek: Studi pada Hotel Cakra Kembang Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.35917/cb.v1i1.122Keywords:
komunikasi pemasaran terpadu, ekuitas merek, hotelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek pada Hotel Cakra Kembang secara simultan maupun parsial. Variabel independen yang digunakan adalah iklan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, dan corporate design, sedangkan variabel dependennya  adalah ekuitas merek. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang dibagikan kepada 91 responden yang menginap di Hotel Cakra Kembang Yogyakarta pada bulan November 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran terpadu yang terdiri atas iklan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, dan corporate design secara simultan berpengaruh terhadap ekuitas merek pada Hotel Cakra Kembang Yogyakarta. Sedangkan secara parsial hanya pemasaran langsung dan corporate design yang berpengaruh positif terhadap ekuitas merek pada Hotel Cakra Kembang Yogyakarta.
Downloads
References
Aaker, David. A., 1991, Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name, New York: The Free Press, https://b-ok.cc/book/ 1205334/cd7898, diakses 17 Oktober 2019.
Fathoni, F., Achmad, F. DH., dan Kadarisman, H., 2013, Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek (Survey pada Pelanggan Hotel Pelangi Malang), Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, http://administrasibisnis. studentjournal.ub.ac.id, diakses 24 September 2019.
Ghozali, Imam, 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, Semarang: UNDIP.
Kadata, Tim Publikasi, 2019, Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah, https://katadata.co.id/anallisisdata /2019/07/03/, diakses 27 September 2019.
Kartikasari, N. P., 2014, Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek, Jurnal Interaksi, 3(2), 162-167, https://ejournal. undip.ac.id, diakses 24 September 2019.
Kotler, P. dan Kevin, L. K., 2009, Manajemen Pemasaran. Alih bahasa oleh Bob Sabran, M.M., Edisi ketiga belas, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Kevin, L. K, 2009, Manajemen Pemasaran, Alih bahasa oleh Bob Sabran, M.M., Edisi ketiga belas, Jilid 2, Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Gary, A., 2012, Principles of Marketing, 14th edition, New Jersey: Prentice Hall, http://gen.lib.rus.ec, diakses 25 September 2019.
Krussell, J. G. H. dan Erisitia, L. P., 2016, Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Alfamart, Benefit Jurnal Managemen dan Bisnis, 1(1), 27-42, http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/2363, diakses 24 September 2019.
Kuncoro, Mudrajad, 2011, Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Keempat, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Morissan, 2010, Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Wicaksono, A., Imam, S., dan Kadarisman, H., 2018, Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Ekuitas Merek (Studi pada Konsumen mobil Toyota Avanza tahun 2012 di Auto 2000 Malang cabang Sukun), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(2), 1-9, https://media.nelti.com, diakses 24 September 2019.
Wirtz, J. dan Christopher, L., 2016, Services Marketing: People, Technology, Strategy, Eight Edition, New Jersey: World Scientific, http://gen.lib.rus.ec, diakses 30 September 2019.
Wiyono, Gendro, 2011, Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS & Smart PLS, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
www.bps.go.id, diakses 30 September 2019.
www.kemenpar.go.id, diakses 9 Desember 2019.