Pengaruh Harga, Electronic Word of Mouth, dan Celebrity Endorser terhadap Purchase Decision pada Distro CRSL di Yogyakarta

Authors

  • Alfiana Isnaini STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Ralina Transistari STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Ilman Taufiq Lazuardy STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v5i2.524

Keywords:

price, electronic word of mouth, celebrity endorser, purchase decision

Abstract

This research aims to determine the influence of price, electronic word of mouth, and celebrity endorsers on purchase decisions at CRSL distribution in Yogyakarta. This type of research is descriptive quantitative research with a non-probability sampling method and the sampling technique using purposive sampling. This research involves 100 respondents from the entire population of CRSL consumers in Yogyakarta. Data analysis tool using SPSS version 26. The results of this study indicate that price does not affect purchase decisions, while electronic word of mouth and celebrity endorsers have a positive influence on purchase decisions at CRSL distro in Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Rennie, Hinggo Tachta Hichmaed, & Zaki Hammam. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 1– 11.

Annur, Cindy Mutia. (2022). Produk yang Paling Rutin Dibelanjakan Anak Muda. https:// databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/28/inisedeet-produk- yang-paling-rutin-dibelanjakan-anak-muda

Annur, Cindy Mutia. (2023). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet- di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Aswan, M. K, & Hadi, S. (2022). Analisis Pengaruh Website E-Commerce Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Clothing Distro Yogyakarta. Jurnal Visi Manajemen, 8(3), 167-175.

Bilson, S. (2003). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan, A. T., & Setiawan, M. B. (2024). Pengaruh Influencer Marketing, Electronic Worth of Mouth, dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembelian Produk Erigo Di Kota Semarang). Jesya, 7(1), 778–789. https://doi. org/10.36778/jesya.v7i1.1412

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Eka, Febriyanti, H., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Store Atmosphere, Promosi, Word of Mouthdan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 226(1), 226–239. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fatmawati, N. (2020). Gaya hidup mahasiswa akibat adanya online shop. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 29-38.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS (7th ed.). Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. Edisi 9 (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goyette I., Ricard L., Bergeron J., Marticotte F. (2010). e-WOM Scale: Word of- Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences / Revue Canadienne des Sciences de l Administration, 27(1), 5 - 23. https://doi. org/10.1002/cjas.129

Hairunnisa, N., & Hartati, D. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Celebrity Endorsment Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. YUME : Journal of Management, 5(2), 553–561. https://doi.org/10.37531/yume. vxix.5674

Halim, Fitria., Sherly., Sudirman, Acai, (2020). Marketing dan Media Sosial. Bandung: Media Sains Indonesia

Hawari, U., Sakti, A. S., & Zachwa, P. N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Arief Muhammad Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6), 95. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.138

IDN TIMES (2022). 14 Brand Clothing Lokal yang Bakalan Makin Hits di 2022. https://www.idntimes.com/men/style/zefanya-alviano-gultom/brandclothing- lokal-yang-bakalan-makin-hits-di-2022-ini

Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.

Ipsos. (2021). Ipsos Global Trends 2021: Belanja Online dan Produk Lokal Dominasi Pilihan Konsumen Indonesia. https://www.ipsos.com/en-id

Kadafi, M., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Trend Fashion, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Erigo Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7, 319–330. https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.5210

Karundeng, E. F., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2023). Pengaruh Harga Dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Brand Erigo Di Marketplace Shopee Pada Pemuda Gmim Sion Malalayang. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 873–884. https://doi.org/10.35794/emba. v11i1.46462

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management 15th Edition. Harlow: Pearson Education.

Kotler, Philips dan Armstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition (Terjemahan). Jakarta: Erlangga

Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.Id Di Marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753–765. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.398

Minarti, A., & Ginoga, V. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Undersiege Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 5(2), 107–114. https://doi.org/10.57093/metansi.v5i2.165

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Putri, R. F., Fitriani, E. W., & Sartika, S.H. (2022). Analisis strategi pemasaran erigo store brand fashion lokal Indonesia yang mendunia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 2(5), 213-220

Royan, Frans. 2004. Marketing Celebrities. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Sari, C. R., & Hidayat, A. M. (2021). The Influence of Influencer Marketing and Product Quality on Purchasing Decisions at Uniqlo Telkom University. E- Proceeding of Management, 8(2), 1361–1368. https://openlibrarypublications. telkomuniversity.ac.id/index.php/ management/article/viewFile/14809/14586

Schiffman dan Kanuk, 2012, Perilaku Konsumen, Jakarta: Indeks

Sindunata, I. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukandi, P., Maulidan, F., Widyatama. (2023) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Eiger (Studi Kasus Pada Konsumen Eiger di Kota Banduing). Jurnal Ekonomi. 5(2), 316–320.

Sukoco, Sampir Andrean. (2018). New Komunikasi Pemasaran Teori dan Aplikasinya. Jember: Pustaka Abdi

Walyoto, S. & Sujarwati, S., (2022). Pengaruh Pemasaran Syariah Media Sosial, Kualitas Produk, Harga, dan Review Pelanggan Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2210–2220. http://dx.doi.org/10.29040/jiei. v8i2.5958

Downloads

Published

2024-11-18

How to Cite

Isnaini, A., Transistari, R., & Lazuardy, I. T. (2024). Pengaruh Harga, Electronic Word of Mouth, dan Celebrity Endorser terhadap Purchase Decision pada Distro CRSL di Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(2), 46–59. https://doi.org/10.35917/cb.v5i2.524

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.