Apa yang Memicu Pembelian Impulsif di Shopee? Studi pada Generasi Z di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.35917/cb.v6i1.575Keywords:
Digital marketing, Paylater, Hedonic shopping motivation, Online impulse buying, Generation ZAbstract
Downloads
References
Anggia, Y. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle Sebagai Variabel Pemediasi Pada Online Shop (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fekon Unand). Universitas Andalas Padang.
Arohman, A. N. (2019). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Impulsie Buying Pada Produk Lady Fame Shop (Studi pada mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu) Tahun 2018. Ekonomi Mnajemen 01, 09(02), 24–34.
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P. M. P., Yasa, N. N. K., & Jatra, M. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, DISPLAY PRODUCT, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 369. https://doi. org/10.24843/EEB.2019.v08.i04.p03
Clinten, B.; Pertiwi, W. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 212,9 Juta di Awal 2023. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/13/19300087/ pengguna-internet-di-indonesia-tembus-212-9-juta-di-awal-2023.
Dinisari, M. (2021). 150 Juta Warga Punya Akun Ecommerce, Warga Jogja & Sleman Masuk Daftar Pembeli Online Terbanyak. Harian Jogja. https://news.harianjogja.com/ read/2021/03/27/500/1067368/150-juta-warga-punya-akun-ecommerce-warga-jogja-sleman-masuk-daftar-pembeli-online-terbanyak
Hair JR, Joseph F, William C. Black, Barry J. Babin, and R. E. A. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Pretice Hall, Inc.
Hartati. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pengguna Shopee Paylater Surakarta. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Irawan, A. (2023). 7 Layanan Paylater Paling Populer Di Indonesia, Ranking 1 Diraih? Raselnews.Com. https://radarselatan.disway.id/read/656005/7 -layanan-paylater-paling-populer-di-indonesia-ranking-1-diraih
Jiwasiddi, A., Adhikara, C., Adam, M., & Triana, I. (2019). Attitude toward using Fintech among Millennials. Proceedings of the Proceedings of The 1st Workshop Multimedia Education, Learning, Assessment and Its Implementation in Game and Gamification, Medan Indonesia, 26th January 2019, WOMELA-GG. https://doi.org/10.4108/eai.26-1- 2019.2283199
Khansa, A. (2023). Pengertian Paylater: Keuntungan, Kerugian, dan Cara Menggunakannya. Gramedia Blog Technoly. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-algoritma/
Lucyanda, J. (2010). PENGUJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY PLANNED BEHAVIOR (TPB). JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.33558/jrak.v1i2.124
Nurma, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam) Universitas Islam Negeri Mataram Tahun 2019. Universitas Islam Negeri Mataram (UIN) Mataram.
Oktavia, E. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image Dan Influencer Marketing Pada Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara Malang.
Prasetia, K. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa UMMagelang). Universitas Muhammadiyah Magelang.
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei. v7i1.1458
Prihadi, D., Harira Irawan, B., & Subroto, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Sistem Paylater, Diskon Harbolnas terhadap Motivasi Hedonis dan Dampaknya pada Impulse Buying. Jurnal Pro Bisnis, 15(2), 122–136.
Putri, M. T. (2022). Pengaruh Flash Sale dan Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Kota Pekanbaru). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Ratsanari, I, A. (2021). Digital Marketing Pada Start Up Dan UMKM : Praktik Melakukan Pemasaran Berbasis Digital Menuju UMKM Tangguh, Kompetitif, Dan Ungggul Di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta. Absolute Media. https://books.google. co.id/books?id=-KxJEAAAQBAJ &printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_ summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi. org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Sarwono, J.; Prihartono, K. (2012). Perdagangan Online : Cara Bisnis Di Internet. Elex Media Komputindo.
Shanti Purnamasari, L., Somantri, B., & Agustiani, V. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Shopee.Co.Id (Studi Kasus di Lingkungan Mahasiswa Kota Sukabumi). Cakrawala Repositori IMWI, 4(1), 36–48. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v4i1.69
Shopee. (2023). SPayLater/SPinjam/Dana Cepat. Shopee/ Pusat Bantuan. https://help.shopee. co.id/portal/category/21-Pembayaran/434-SPayLater %252 FSPinjam%252FDana- Cepat?page=1.
Sihotang, K. (2023). Paylater, Fitur Favorit Generasi Z. Valid News. https://validnews.id/ catatan-valid/paylater-fitur-favorit-generasi-z.
Siregar, Y.M., Lestari, A.I., and Hasibuan, R. R. A. (2023). Pengaruh Harbolnas, Fitur Shopee Paylater Dan Koin Shopee Terhadap Perilaku Impulse Buying Dengan Karakteristik Individu Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Mahasiswa Kampus Islam Di Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21028
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Alfabeta.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel (3rd ed.). Salemba Empat.
Widjaja, D., Anggiani, S., Kristaung, R., & Jasfar, F. (2021). The effect of gamification, online sales promotion and content-based marketing on impulsive shopping behavior moderated by gender demographic factors. International Journal of Business and Management Invention, 10(11), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.35629/8028-1011023241
Wiyono, G. (2020). Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 25 & SmartPLS 3.2.8 (2nd ed.). UPP STIM YKPN.
Wu, I.-L., Chiu, M.-L., & Chen, K.-W. (2020). Defining the determinants of online impulse buying through a shopping process of integrating perceived risk, expectation-confirmation model, and flow theory issues. International Journal of Information Management, 52, 102099. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102099
Wulandari, W.E., Murtadlo, K. (2023). Pengaruh Paylater dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying dan Minat Beli Ulang. https://repository.yudharta.ac.id/id/ eprint/4424