Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Risk, dan Trust terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online Akulaku pada Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.35917/cb.v5i2.527Keywords:
Online loan, Perceived Ease of Use, Perceived Risk, Trust, Interest to UseAbstract
Downloads
References
Andista, D. R., & Susilawaty, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Risiko terhadap Minat Penggunaan Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1228–1233. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2919
Annur, C. (2023). Awal 2023, Penyaluran Pinjaman Online Capai Rp. 18,7 Triliun. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/28/awal-2023-penyaluran-pinjaman-online-capai-rp187-triliun
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl. title.33621
Febrilia, I., Pratiwi, S., & Djatikusumo, I. (2020). Minat Penggunaan Cashless Payment System Dompet Digital pada Mahasiswa di FE UNJ. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(1), 1–19.
Fishbein, M., & Ajzen, I. (2011). Predicting and Changing Behavior (2nd ed.). Psychology Press. https://doi.org/104324/9780203838020
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., C. Black, W., J. Babin, B., & E. Anderson, R. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage Learning.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17e (17th ed.).
Malikah, I. M., Mulyadi, D., & Sandi, S. P. H. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Persepsi Kenyamanan terhadap Minat Financial Technology Peer To Peer Lending ( Pinjaman Online ) Pada Mahasiswa Manajemen 2018-2019 Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi JMMA, 2(3), 451–467.
Martono, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Fintech Lending. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(3), 246. https://doi. org/10.26418/jebik.v10i3.45827
Nasution, N. H., & Munir, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Paylater dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Al-Buhuts, 19(1), 106–121.
Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technologi (Fintech) (Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 6.
OJK. (2023). Statistik P2P Lending Periode Juli 2023. Ojk.Go.Id. https://ojk.go.id/id/kanal/ iknb/data-dan-statistik/fintech/Pages/Statistik-P2P-Lending-Periode-Juli-2023.aspx
Pavlou, P. A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with The Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3), 101–134. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275
Prajogo, U., & Rusno, R. (2022). Persepsi Risiko terhadap Minat Melakukan Pinjaman Online dengan Kemudahan Penggunaan sebagai Variabel Moderasi. MBR (Management and Business Review), 6(1), 22–32. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6680
Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/ view/10130
Setyowati, D. (2022). Aplikasi Akulaku Paling Banyak Diunduh, Kalahkan Shopee dan Tokopedia. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/62275239becfb/ aplikasi-akulaku-paling-banyak-diunduh-kalahkan-shopee-dan-tokopedia
Siregar, W. S., Nasution, A. I. L., & Nurwani. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat menggunakan Shopee Paylater. Jurnal Ecodemica, 4(4), 44–56.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Cet.26). Alfabeta.
Vitasari, V., Lestari, R., & Yulizar. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Kredivo di Kota Palembang. 2nd MDP Student Conference (MSC), 1(1), 47–63.
Wiyono, G. (2020). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 25.0 & SmartPLS 3.2.8. UPP STIM YKPN.
Zhou, T. (2013). An Empirical Examination of Continuance Intention of Mobile Payment Service. Decision Support System, 54(2).