The Effect of Ease of Use, Information Quality, and Service Quality on Purchase Decisions at Shopee Marketplace

Authors

  • Arista Prima Dini STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Yunita Anggarini STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • S. M. Yasmin Universitas Islam Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v4i1.412

Keywords:

ease of use, information quality, service quality, purchase decision

Abstract

This study aims to determine the influence of ease of use, information quality, and service quality on purchasing decisions at Shopee marketplace. This research is a quantitative one using non-probability sampling method completed by a purposive sampling technique. The number of samples used in this research are 100 respondents aged of over 18 years old and live in the Special Region of Yogyakarta and had made a purchase transaction at Shopee marketplace. The analytical method used is logistic regression analysis. The results of the study show that ease of use and service quality have positive and significant effects on purchasing decisions at Shopee marketplace, while information quality has no effect on purchasing decisions on the Shopee marketplace.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhawiyah, N., & Yuniati, T. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(6), 1–20.

Aisah, & Heriyanto, Y. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(3), 169–187.

Alhasanah, J. U., Kertahadi, & Riyadi. (2014). Pangaruh Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2), 1–10.

Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus pada Pengguna Tokopedia di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278.

Arifin, F., Asiyah, S., & Mustapita, A. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian pada E - Commerce Shopee (Studi Kasus pada FEB Angkatan 2017 Unisma). Jurnal Riset Manajemen, 106–116.

Azmi, F. N., & Sudaryana, A. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, E-service Quality, Online Consumer Reviews, dan Online Trust terhadap Keputusan Pembelian Online melalui Shopee. Jurnal Akmenika, 18(2).

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15.

Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyality: Tinjauan Teoritis. CV IRDH.

Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 266–277.

Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee.co.id. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(3), 1–15.

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42.

Irwansyah, R., Listya, K., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P. U., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Widina Bhakti Persada Bandung.

Ismawati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Online pada Shopee. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 51–62.

Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kuntopati, B. T. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1134–1149.

Maramis, I. S. M., Mananeke, L., & Loindong, S. S. R. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di Mediasi oleh Kepercayaan Pelanggan Apotek Mercke’lkolongan. Jurnal EMBA, 10(1), 39–48.

Minan, K. (2021). Analisis Pendekatan Metode TAM pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 181–187. https://doi. org/10.47065/ekuitas.v3i2.1118

Mita, Pranatasari, F. D., & Kristia. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 04(04), 548–557.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Nasution, D. A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Jurnal Ecobisma, 7(1), 43–53.

Pasi, L. N. K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Reivews dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Pradwita, R. B. R. P., Handoko, Y., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi pada Website Www.Laroslaptop.Com terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 212–220.

Putri, F. I. H., & Wibowo, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Online pada Pengguna Shopee di Kecamatan Lakarsantri. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 11(2), 1–18.

Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59–72.

Rahmizal, M., & Yuvendri, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Shopee pada Mahasiswa di Kota Padang. Jurnal Pundi, 04(03), 403–416.

Ramadani, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handphone. Iqtisha Dequity, 1(2), 36–46.

Rismalia, & Sugiyanto. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Persepsi Manfaat dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik dengan Sikap sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Dana. Sinomika Journal, 1(3), 561–588.

Romla, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web. Ekobis, 19(1), 59–70.

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(19), 1–20.

Salsabiila, E., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2018). Pengaruh Keamanan Konsumen dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Fashion di Shopee dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening. Journal Competency of Business, 2(I), 25–39.

Salsabila, H. Z., Susanto, & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Online pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96.

Setiawan, I., Nirwan, S., & Maisya Amelia, F. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul: Pembelian). Jurnal Teknik Informatika, 10(3), 37–43.

Solihin, S., & Zuhdi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Shop Eigerindostore.com. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.403

Sopiyan, A., & Kusmayadi, O. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce Shopee di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 1–11. https://doi.org/https://doi. org/10.5281/zenodo.7069425

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sukmawati, B. S. N., & Setiawati, C. I. (2021). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace Shopee. E-Proceeding of Management, 8(4), 3354–3363.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Andi.

Tuwaidan et al., C. K. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT Daya Kaji Cemerlang. Productivity, 3(4), 337–342.

Widarjono, A. (2018). Analisis Regresi dengan SPSS (1st ed.). UPP STIM YKPN

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sudarsono, A., & Wijayanti, K. D. (2021). Sistem Informasi Manajemen. Insan Cendekia Mandiri.

Winadi, A. A., Tyas, P., Nurhasanah, N., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian melalui Kemudahan pada Situs Jual Beli Online. Journal of Economic, 10(1), 61–72.

Witami, D. A. D., & Suartana, I. W. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Risiko terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Sistem Blockchain. E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 1346–1376. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/ EJA.2019.v28.i02.p21

Yuliawan, E., Siagian, H., & Willis, L. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan dan Kualias Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(2), 34–49.

Zharfaningrum, D., Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., & Waris, A. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram: Perspektif Promosi, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 7(2), 169–178.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Dini, A. P., Anggarini, Y., & Yasmin, S. M. (2023). The Effect of Ease of Use, Information Quality, and Service Quality on Purchase Decisions at Shopee Marketplace. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 81. https://doi.org/10.35917/cb.v4i1.412

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.